Firdaus Terpilih Kembali Pimpin SMSI

JAKARTA – Firdaus kembali terpilih sebagai Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat untuk periode 2024-2029. Pemilihan secara aklamasi ini digelar pada Kongres II SMSI setelah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024 di The Jayakarta Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2024) dini hari.
Rakernas 2024 dibuka oleh Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, pada Selasa (30/7/2024). Acara tersebut dihadiri hampir seluruh pengurus SMSI dari berbagai provinsi di Indonesia. Rakernas kali ini mengusung tema “Mengawal Kabinet Baru dengan Penegakan Hukum” dan menghadirkan sejumlah tokoh penting, termasuk mantan Ketua KPK, Taufiequrachman Ruki, serta Ketua Harian Kompolnas, Benny Josua Mamoto.
Sidang yang dipimpin oleh Makali Kumar, menyepakati untuk mempercepat pelaksanaan Kongres II. Dalam pandangan umum, para Ketua SMSI Provinsi menyampaikan apresiasi mereka atas kepemimpinan Firdaus yang dinilai berhasil membawa SMSI menjadi konstituen Dewan Pers serta mengukuhkan posisinya sebagai organisasi media siber yang berpengaruh.
Setelah dinyatakan terpilih kembali sebagai Ketua Umum SMSI, Firdaus mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh anggota SMSI atas kepercayaan yang diberikan. Ia berkomitmen untuk terus memperjuangkan kepentingan media siber dan meningkatkan kualitas serta integritas jurnalisme di Indonesia.
Selama periode lima tahun ke depan, Firdaus berencana melanjutkan program-program strategis dan menginisiasi berbagai inovasi untuk menjawab tantangan di era digital.
Dalam menyusun kepengurusan SMSI Pusat 2024-2029, Firdaus akan dibantu oleh tim formatur yang terdiri dari Makali Umar, Retno Intani, Yono Haryono, dan Lesman Bangun. Dengan terpilihnya Firdaus, kepengurusan sebelumnya otomatis dinyatakan demisioner.
Kongres II SMSI ini diharapkan menjadi momentum penting bagi media siber di Indonesia untuk semakin solid dan profesional dalam menjalankan fungsinya sebagai pilar keempat demokrasi. Dukungan penuh dari seluruh anggota dan berbagai pihak diharapkan dapat memperkuat posisi SMSI dalam industri media nasional.
Sebagai penutup Rakernas dan Kongres II, Ketua Panitia Anggiat Siahaan menyampaikan terima kasih kepada para sponsor yang telah mendukung terlaksananya acara ini dengan sukses. Ucapan terima kasih khusus disampaikan kepada PT Pembangunan Perumahan Tbk, Bank BRI, Bank bjb, BRI Insurance, Pertamina Hulu Indonesia, dan PT Telkom Indonesia. (odeh)