Sidak Kapal, Dirjen Hubdar Tegur Nahkoda Kapal

Cilegon – Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubdar) Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia Pudji Hartanto melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi yang menjadi jalur dan pusat keramaian pada arus mudik lebaran beberapa pekan mendatang. Salah satu daerah yang dipantau yakni pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

“Dalam peninjauan ini, selain memeriksa kondisi pelabuhan Merak, juga mengecek salah satu kapal yang lagi bersandar di dermaga dua, baik kondisi kapal, dokumen, maupun perlengkapan keselamatan penumpang,” ujarnya, kemarin.

Dirjen Hubdar sempat menegur nahkoda dan sejumlah penanggung jawab lainnya yang membiarkan kapal ini beroperasi, padahal masih ada belasan temuan ketidaklayakan pada kapal ini.

Menurut Pudji, baik nahkoda kapal maupun penanggung jawab lainnya seharusnya tidak menganggap remeh permasalahan di kapal, karena hal ini menyangkut keselamatan dan nyawa banyak penumpang.

“Saya berharap temuan dan teguran ini bisa segera ditindaklanjuti, sehingga saat arus mudik kondisi kapal benar-benar prima untuk melayani para pemudik yang hendak menyeberang,” pungkasnya. (Henny)